Kamis, 30 Maret 2017

Membuat Foto Bokeh Dengan Bentuk Yang Diinginkan

Untuk membuat bokeh berbentuk ini, kita bisa menggunakan lensa apapun asal memiliki aperture maksimal yang besar. Salah satu lensa paling ideal adalah lensa 50mm f/1.8 yang bisa menghasilkan bokeh bagus namun harganya sangat terjangkau.

Alat dan Bahan yang Kita Butuhkan :

  • Sebuah lensa dengan aperture maksimal besar, idealnya f/2.8 atau f lebih kecil. Seperti sudah ditulis diatas, lensa seperti 50mm f/1.8 adalah kandidat ideal
  • Sebuah kertas hitam
  • Karet gelang
  • Gunting

Membentuk Bokeh Dengan Pohon Cemara

Langkah yang diperlukan untuk membuat bokeh dengan bentuk menarik cukup mudah, intinya adalah kita harus menutup seluruh permukaan lensa dengan kertas hitam tadi. Sebelumnya, potong kertas hitam dengan bentuk lingkaran dengan diameter yang sama dengan diameter lensa, buat bentuk Cemara ditengah lingkaran ini. Potong kertas kedua dengan bentuk persegi panjang yang akan dipakai mengelilingi lensa disamping. Sehingga bentuk akhir saat dipasang di lensa adalah seperti ini :
langsung tempelkan dengan bagian depan lensa dengan dan ikat menggunakan karet gelang
Sekarang saatnya menggunakan lensa yang sudah dipasangi bentuk menarik ini, set kamera diposisi aperture priority, lalu gunakan lensa di bukaan maksimalnya, f/1.8 atau f/2. 
hasilnya akan seperti ini :


Tidak ada komentar :

Posting Komentar